PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASIKELAS VII SMP GKPI PADANG BULAN MEDAN TP 2023/2024

Saribu, Jon Rizki Dolok (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASIKELAS VII SMP GKPI PADANG BULAN MEDAN TP 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2183311030_Cover.pdf] Text
2183311030_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2183311030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183311030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2183311030_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183311030_Kata_Pengantar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2183311030_Abstrak.pdf] Text
2183311030_Abstrak.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2183311030_Daftar_Isi.pdf] Text
2183311030_Daftar_Isi.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 2183311030_BAB_I.pdf] Text
2183311030_BAB_I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 2183311030_BAB_II.pdf] Text
2183311030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2183311030_BAB_III.pdf] Text
2183311030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[thumbnail of 2183311030_BAB_IV.pdf] Text
2183311030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2183311030_BAB_V.pdf] Text
2183311030_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2183311030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183311030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2183311030_Lampiran.pdf] Text
2183311030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle dalam pembelajaran teks observasi peserta didik kelas VII di SMP GKPI Padang Bulan Medan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada Tahun
Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 peserta didik dan sampel adalah peserta didik kelas VII-A sebanyak 25 siswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan model eksperimen one group pre test-post test design, yaitu tanpa menggunakan kelompok pembanding. Hasil menulis teks
observasi peserta didik kelas VII-A sebelum menggunakan model Inside Outside Circle adalah 55 dan terkategori kurang. Kemampuan peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle mengalami peningkatan,
yaitu nilai 84 dengan kategori Baik. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle memberikan pengaruh Baik terhadap kemampuan peserta didik SMP GKPI Padang Bulan Medan dalam menuliskan teks observasi, uji homogenitas juga menunjukkan Fhitung> Ftabel. yakni 1,28 < 1,96 hal ini menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji “t” juga menunjukkan to yang diperoleh dari ttabel yaitu 5,97 > 2,06, maka hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh baik terhadap kemampuan menulis teks observasi siswa kelas VII SMP GKPI Padang Bulan Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks observasi, Inside Outside Circle, pengaruh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:57
Last Modified: 08 Aug 2025 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64856

Actions (login required)

View Item
View Item