Zubaidah, Siti (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD ALWASHLIYAH PEMATANG BANDAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313335 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313335 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313335 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313335 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313335 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313335 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313335 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313335 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313335 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
108313335 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313335 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok perubahan lingkungan dan pengaruhnya di kelas IV SD Alwashliyah Wonorejo Kec. Pematang Bandar Kabupaten Simalungun yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok perubahan lingkungan dan pengaruhnya di kelas IV SD Alwashliyah Pematang Bandar Tahun Ajaran 2011/2012. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Dari hasil observasi awal yang peneliti lakukan, diperoleh 5 siswa untuk criteria tinggi atau sebesar 20%, 8 siswa untuk kriteria sedang atau sebesar 32% dan 12 siswa untuk kriteria rendah atau sebesar 48% dengan nilai rata-rata 34,34 atau sebesar 20%. Kemudisn dilaksanakan tindakan pada siklus I dan terjadi peningkatan menjadi 3 siswa untuk kriteria sangat tinggi atau sebesar 12%, 10 siswa utuk criteria tinggi atau sebesar 40%, dan 12 siswa untuk kriteria sedang atau sebesar 48% dengan nilai rata-rata 48,60 atau sebesar 52% . Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan signifikan menjadi 21 siswa untuk kriteria sangat tinggi atau sebesar 84% dan 4 siswa untuk kriteria tinggi atau sebesar 20% denagn nilai rata-rata 71,52 atau 84%. Di siklus II tampak telah terjadi peningkatan hasil observasi yang telah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 75%.Berdasar hasil penelitian mulai dari observasi awal observasi siklus I dan observasi siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Atau dengan kata lain penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok perubahan lingkungan dan pengaruhnya di kelas IV SD alwashliyah Pematang Bandar Tahun Ajatan 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Zub p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT; Motivasi Belajar; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6485 |