EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.P. 2023/2024

Nahampun, Elisabeth Anggelika (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141009_Cover.pdf] Text
4203141009_Cover.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 4203141009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4203141009_Abstrak.pdf] Text
4203141009_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4203141009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141009_Kata_Pengantar.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203141009_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141009_Daftar_Isi.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4203141009_BAB_I.pdf] Text
4203141009_BAB_I.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 4203141009_BAB_II.pdf] Text
4203141009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of 4203141009_BAB_III.pdf] Text
4203141009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of 4203141009_BAB_IV.pdf] Text
4203141009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[thumbnail of 4203141009_BAB_V.pdf] Text
4203141009_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4203141009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 4203141009_Lampiran.pdf] Text
4203141009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pre-test and Post-test Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI MIPA 1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL-STEM dan XI MIPA 2 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 45,83 dan 86,11 dan pada kelas kontrol 43,88 dan 79,86. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh bahwa model pembelajaran PjBL-STEM efektif terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung T.P. 2023/2024. Pada kelas eksperimen, ketuntasan belajar siswa tuntas, tingkat penguasaan siswa terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Dan pada kelas kontrol ketuntasan belajar siswa belum tuntas, tingkat penguasaan materi terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL-STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung T.P. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.2 Nah e
Keywords: Project based learning; Pendekatan STEM; Sistem pernapasan; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:50
Last Modified: 05 Aug 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64834

Actions (login required)

View Item
View Item