Nahampun, Elisabeth Anggelika (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203141009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Cover.pdf
Download (445kB)
![[thumbnail of 4203141009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (466kB)
![[thumbnail of 4203141009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Abstrak.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 4203141009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Kata_Pengantar.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 4203141009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Daftar_Isi.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 4203141009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_BAB_I.pdf
Download (578kB)
![[thumbnail of 4203141009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
![[thumbnail of 4203141009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
![[thumbnail of 4203141009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (597kB)
![[thumbnail of 4203141009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_BAB_V.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 4203141009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of 4203141009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pre-test and Post-test Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI MIPA 1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL-STEM dan XI MIPA 2 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 45,83 dan 86,11 dan pada kelas kontrol 43,88 dan 79,86. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh bahwa model pembelajaran PjBL-STEM efektif terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung T.P. 2023/2024. Pada kelas eksperimen, ketuntasan belajar siswa tuntas, tingkat penguasaan siswa terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Dan pada kelas kontrol ketuntasan belajar siswa belum tuntas, tingkat penguasaan materi terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL-STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem pernapasan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarutung T.P. 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.2 Nah e |
Keywords: | Project based learning; Pendekatan STEM; Sistem pernapasan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64834 |