Nainggolan, Elia Milane (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI CERAMAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311027_Cover.pdf
Download (168kB)
2203311027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203311027_Kata_Pengantar.pdf
Download (93kB)
2203311027_Abstrak.pdf
Download (110kB)
2203311027_Daftar_Isi.pdf
Download (66kB)
2203311027_Daftar_Tabel.pdf
Download (61kB)
2203311027_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
2203311027_BAB_I.pdf
Download (369kB)
2203311027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
2203311027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (577kB)
2203311027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (341kB)
2203311027_BAB_V.pdf
Download (78kB)
2203311027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (128kB)
2203311027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan mengonstruksi ceramah siswa kelas Xl SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas Xl sebanyak 164 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe two group post-test design, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor
keterampilan mengonstruksi teks ceramah siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata skor kelompok eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas Xl-2 (kelas eksperimen) SMA Negeri 6 Medan lebih tinggi dengan rata-rata 79,97 berada pada kategori baik, dibandingkan dengan kelompok kontrol pada siswa kelas Xl-3 dengan nilai ratarata 49,03 berada pada kategori kurang, nilai kemampuan siswa dalam mengonstruksi teks ceramah kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control
dengan selisih 30,94. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung t0= 2,73 setelah diuji signifikasinya pada taraf signifikan 5% dengan df= (N1+N2)-2 = 57. Pada taraf t dengan df= 5,7 diperoleh taraf signifikasinya 0,05. Karena t0 yang
diperoleh lebih besar daripada ttabel yaitu 7,9650>2,001 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, hal ini memperlihatkan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh positif
terhadap keterampilan mengonstruksi ceramah siswa kelas Xl SMA N 6 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Project Based Learning, Mengonstruksi, Ceramah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:43 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 04:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64831 |
