PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI CERAMAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN

Nainggolan, Elia Milane (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI CERAMAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311027_Cover.pdf] Text
2203311027_Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 2203311027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311027_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311027_Kata_Pengantar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2203311027_Abstrak.pdf] Text
2203311027_Abstrak.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 2203311027_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311027_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2203311027_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311027_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2203311027_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203311027_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 2203311027_BAB_I.pdf] Text
2203311027_BAB_I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 2203311027_BAB_II.pdf] Text
2203311027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[thumbnail of 2203311027_BAB_III.pdf] Text
2203311027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of 2203311027_BAB_IV.pdf] Text
2203311027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of 2203311027_BAB_V.pdf] Text
2203311027_BAB_V.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2203311027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2203311027_Lampiran.pdf] Text
2203311027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan mengonstruksi ceramah siswa kelas Xl SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas Xl sebanyak 164 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe two group post-test design, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor
keterampilan mengonstruksi teks ceramah siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata skor kelompok eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas Xl-2 (kelas eksperimen) SMA Negeri 6 Medan lebih tinggi dengan rata-rata 79,97 berada pada kategori baik, dibandingkan dengan kelompok kontrol pada siswa kelas Xl-3 dengan nilai ratarata 49,03 berada pada kategori kurang, nilai kemampuan siswa dalam mengonstruksi teks ceramah kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control
dengan selisih 30,94. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung t0= 2,73 setelah diuji signifikasinya pada taraf signifikan 5% dengan df= (N1+N2)-2 = 57. Pada taraf t dengan df= 5,7 diperoleh taraf signifikasinya 0,05. Karena t0 yang
diperoleh lebih besar daripada ttabel yaitu 7,9650>2,001 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, hal ini memperlihatkan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh positif
terhadap keterampilan mengonstruksi ceramah siswa kelas Xl SMA N 6 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Project Based Learning, Mengonstruksi, Ceramah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:43
Last Modified: 08 Aug 2025 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64831

Actions (login required)

View Item
View Item