PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AUDIOVISUAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CERITA PENDEK DI KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN

Tampubolon, Desra Nita (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AUDIOVISUAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CERITA PENDEK DI KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202311002_Cover.pdf] Text
2202311002_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2202311002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202311002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2202311002_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202311002_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2202311002_Abstrak.pdf] Text
2202311002_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 2202311002_Daftar_Isi.pdf] Text
2202311002_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2202311002_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202311002_Daftar_Tabel.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 2202311002_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202311002_Daftar_Gambar.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2202311002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202311002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2202311002_BAB_I.pdf] Text
2202311002_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 2202311002_BAB_II.pdf] Text
2202311002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202311002_BAB_III.pdf] Text
2202311002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[thumbnail of 2202311002_BAB_IV.pdf] Text
2202311002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2202311002_BAB_V.pdf] Text
2202311002_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2202311002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202311002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 2202311002_Lampiran.pdf] Text
2202311002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar audiovisual berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Cerita Pendek di SMA Negeri 14 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI di SMA Negeri 14
Medan dengan sampel 34 orang siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) menggunakan model Borg and Gall dengan tahap 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi
desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi berdasarkan uji validitas. Validasi oleh ahli materi mencapai persentase kelayakan sebesar 81%, sementara validasi oleh ahli media memperoleh nilai 97%. Penilaian oleh siswa menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 86,6%
dengan kategori "layak digunakan", dan penilaian oleh guru Bahasa Indonesia memperoleh nilai 96% dengan kategori "sangat layak digunakan". Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar berbentuk audiovisual (audio dan video) berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dirancang untuk mendukung pembelajaran materi cerita pendek. Produk ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Cerita Pendek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:30
Last Modified: 08 Aug 2025 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64821

Actions (login required)

View Item
View Item