KETAREN, PRISKILA APRIANI BR. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Anatomi dan Fisiologi Kulit dan Rambut Siswa Kelas X Kecantikan SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5183144014 COVER.pdf
Download (305kB)
2. NIM 5183144014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5183144014 ABSTRACT.pdf
Download (880kB)
4. NIM 5183144014 PREFACE.pdf
Download (900kB)
5. NIM 5183144014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (755kB)
6. NIM 5183144014 TABLES.pdf
Download (755kB)
7. NIM 5183144014 ILLUSTRATION.pdf
Download (755kB)
8. NIM 5183144014 APPENDICES.pdf
Download (484kB)
9. NIM 5183144014 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
10. NIM 5183144014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
11. NIM 5183144014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
12. NIM 5183144014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
13. NIM 5183144014 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM 5183144014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (759kB)
15. NIM 5183144014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning pada kompetensi dasar Anatomi Fisiologi Kulit di kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar Anatomi Fisiologi Kulit. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning pada materi Anatomi Fisiologi Kulit. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan pada semester ganjil 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 siswa dari kelas tata kecantikan 1 dan tata kecantikan 2, dengan sampel kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara melakukan random sampling. Instrumen penelitian menggunkan 30 soal multiple choice yang sudah divalidasi oleh validator tes. Pengolahan data menggunakan tes awal (Pretest) dan tes akhir yaitu (Posttest). Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest hasil belajar siswa dalam mata pelajaraan Anatomi dan Fisiologi Kulit kelas Eksperimen yaitu 86,23 dengan nilai ketuntasan 90% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 76,97 dengan ketuntasan 63%. Nilai standart deviasi pada kelas eksperimen 5,88 dan kelas kontrol 6,62. Hasil uji –t satu arah juga menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,73 >1,81. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan anatara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada siswa kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Discovery Learning; Anatomi dan Fisiologi Kulit; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:21 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 07:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64785 |
