Kartika, Anggi Aulia (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNA INTERNET, TRANSAKSI E-COMMERCE DAN INVESTASI ASING TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203240010_Cover.pdf
Download (208kB)
7203240010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (438kB)
7203240010_Abstrak.pdf
Download (355kB)
7203240010_Kata_Pengantar.pdf
Download (283kB)
7203240010_Daftar_Isi.pdf
Download (337kB)
7203240010_Daftar_Tabel.pdf
Download (218kB)
7203240010_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
7203240010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (278kB)
7203240010_BAB_I.pdf
Download (799kB)
7203240010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203240010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (576kB)
7203240010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203240010_BAB_V.pdf
Download (362kB)
7203240010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (363kB)
7203240010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan PDB di Indonesia. Selain itu, untuk menganalisis sejauh mana Pengguna Internet, Transaksi E-Commerce, dan Investasi Asing memengaruhi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder dalam periode 2000-2023. Data ini bersumber dari Badan Pusat Statistik, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, serta sumber lainnya. Metode analisis yang diterapkan ialah Error Correction Model (ECM) untuk mengevaluasi pengaruh variabel-variabel tersebut dalam dua kerangka waktu, jangka panjang dan jangka pendek. Temuan penelitian ini menunjukkan secara simultan adanya hubungan positif dan signifikan variabel Pengguna Internet, Transaksi E-Commerce, dan Investasi Asing terhadap PDB Indonesia dalam jangka panjang dan jangka pendek. Variabel pengguna internet jangka panjang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan nilai probability 0.0000 dan pengaruh sebesar 0.46%. Pengguna internet dalam jangka pendek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan probability 0.0192 dan pengaruh sebesar 0.15%. Variabel transaksi e-commerce jangka panjang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan nilai probability 0.0012 dan pengaruh sebesar 0.05%. Transaksi e-commerce dalam jangka pendek juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan probability 0.0189 dan pengaruh sebesar 0.02%. Selain itu, variabel investasi asing dalam jangka panjang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan nilai probability 0.0000 dan pengaruh sebesar 0.22%. Serta pengguna internet dalam jangka pendek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB dengan probability 0.0091 dan pengaruh sebesar 0.05%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengguna Internet, Transaksi E-Commerce, Investasi Asing, Produk Domestik Bruto (PDB) |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:22 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64714 |
