Manurung, Anggi Nandani (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Perawatan Kulit Kepala dan Rambut (creambath) Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5182144001 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5182144001 COVER.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5182144001 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5182144001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 5182144001 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5182144001 PREFACE.pdf
Download (938kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5182144001 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5182144001 ABSTRACT.pdf
Download (715kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5182144001 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5182144001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (909kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5182144001 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5182144001 ILLUSTRATION.pdf
Download (634kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5182144001 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5182144001 TABLES.pdf
Download (635kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5182144001 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5182144001 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 9. NIM 5182144001 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5182144001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5182144001 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5182144001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5182144001 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5182144001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5182144001 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5182144001 CHAPTER V.pdf
Download (985kB)
![[thumbnail of 13. NIM 5182144001 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5182144001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (987kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5182144001 ENCOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5182144001 ENCOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (34MB)
Abstract
Sebagai sekolah menengah kejuruan, SMK memiliki beberapa jurusan yang salah satunya adalah jurusan kecantikan. Dari hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Pariwisata Imelda Medan pada kelas X Tata Kecantikan ditemukan keluhan siswa mengenai cara belajar mengajar yang diterapkan sekolah kurang efektif dan kurangnya perhatian guru kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan dari model pembelajaran direct instruction berbantuan video interaktif pada mata pelajaran perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) siswa kelas X SMK Pariwisata Imelda medan. Jenis penelitian yang dipakai menggunakan metode Research And Development (R&D). Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey meliputi lima tahapan yaitu analisis analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Objek penelitian ialah model pembelajaran direct instruction pada materi perawatan kulit kepala dan rambut (creambath). Subjek penelitian ialah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda medan berjumlah 54 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan model pembelajaran, yakni data secara keseluruhan menampilkan bahwa hasil penelitian dari ahli materi dengan rata rata skor total 3.9 dengan kriteria “baik” dan penilaian ahli desain pembelajaran dengan rata rata skor total 4.55 dengan kriteria “sangat baik”, hasil belajar siswa didapati rata rata sebesar 49,4 sebelum mendapatkan pembelajaran dengan model direct instruction berbantuan video interaktif (pre test) dan hasil belajar siswa mendapatkan rata rata 72,5 setelah pembelajaran model direct instruction berbantuan video interaktif (post test). Melalui ini dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,1 setelah pembelajaran model direct instruction. Bersumber dari data tersebut, pengembangan model direct instruction berbantuan video interaktif dinyatakan sangat layak dipakai untuk materi perawatan kulit kepala dan rambut untuk membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran serta memudahkan murid dalam memahami pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan model; direct instruction; video interaktif; creambath |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64708 |