Meidina, Dhilva (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201141027_Cover.pdf
Download (265kB)
4201141027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (232kB)
4201141027_Abstrak.pdf
Download (148kB)
4201141027_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
4201141027_Daftar_Isi.pdf
Download (904kB)
4201141027_BAB_I.pdf
Download (174kB)
4201141027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
4201141027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (440kB)
4201141027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
4201141027_BAB_V.pdf
Download (832kB)
4201141027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (373kB)
4201141027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension (ICARE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA N 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non eqivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Stabat dengan jumlah 210 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran ICARE dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Data diperoleh dengan instrumen tes essay berjumlah 13 soal yang telah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian yang diteliti terdapat pengaruh model ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dimana hasil uji t menunjukkan nilai sig 0,007 < 0,05 sehingga hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Stabat” diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Stabat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 573.2 Mei p |
| Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran ICARE; Sistem pernapasan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:43 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 07:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64645 |
