EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI MA SWASTA AL-WARDAH

Ningrum, Dewi Sekar (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI MA SWASTA AL-WARDAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141026_Cover.pdf] Text
4193141026_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4193141026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4193141026_Abstrak.pdf] Text
4193141026_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4193141026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141026_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4193141026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141026_Daftar_Isi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4193141026_BAB_I.pdf] Text
4193141026_BAB_I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193141026_BAB_II.pdf] Text
4193141026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of 4193141026_BAB_III.pdf] Text
4193141026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of 4193141026_BAB_IV.pdf] Text
4193141026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of 4193141026_BAB_V.pdf] Text
4193141026_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193141026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4193141026_Lampiran.pdf] Text
4193141026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model
pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan komunikasi ilmiah siswa pada materi ekosistem di kelas X MA Swasta Al-Wardah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain berbentuk one group pretestposttest design. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data sikap keterampilan komunikasi ilmiah dan keterampilan komunikasi ilmiah secara tertulis yang dikonstruk berdasarkan enam indikator keterampilan komunikasi ilmiah, yakni information retrieval, scientific reading, listening and observing, scientific writing, information representation, dan knowledge presentation. Data sikap keterampilan komunikasi ilmiah dikumpulkan dengan metode observasi dan data keterampilan komunikasi ilmiah siswa secara tertulis dikumpulkan menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap keterampilan komunikasi ilmiah siswa meningkat di kelima indikator selain information representation dengan rata-rata aktivitas di pertemuan pertama sebesar 17,067 dan di pertemuan akhir menjadi 42,7 (sangat kurang) dengan faktor gain sebesar 0,31 dan berkategori sedang. Sedangkan pada keterampilan komunikasi ilmiah siswa secara tertulis, terdapat peningkatan pada keenam indikator dengan rata-rata aktivitas di pertemuan pertama sebesar 15,77 dan di pertemuan akhir menjadi 48,9 (rendah) dengan gain sebesar 0,4 yang berkategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write masih kurang efektif terhadap peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Nin e
Keywords: Komunikasi ilmiah; Model pembelajaran; Think talk write; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:28
Last Modified: 31 Jul 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64639

Actions (login required)

View Item
View Item