PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY DAN TORSO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN

Hidayatullah, Bagas Samri (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY DAN TORSO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441005_Cover.pdf] Text
4202441005_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4202441005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4202441005_Abstrak.pdf] Text
4202441005_Abstrak.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4202441005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441005_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4202441005_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441005_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4202441005_BAB_I.pdf] Text
4202441005_BAB_I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4202441005_BAB_II.pdf] Text
4202441005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of 4202441005_BAB_III.pdf] Text
4202441005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of 4202441005_BAB_IV.pdf] Text
4202441005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[thumbnail of 4202441005_BAB_V.pdf] Text
4202441005_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4202441005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4202441005_Lampiran.pdf] Text
4202441005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media pembelajaran augmented reality dan torso terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan menggunakan desain kelompok pembanding pretest-posttest berpasangan dan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2024 semester genap T.P.2023/2024. Sampel diambil secara purposive sehingga didapat dua kelas, yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan media augmented reality (34 siswa) dan kelas dengan pembelajaran menggunakan media torso (36 siswa). Dalam pembelajarannya, menggunakan model discovery learning. Terhadap kedua kelas tersebut diberi pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Pengambilan data aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi aktivitas yang dilakukan oleh pengamat. Hasil analisis perbedaan aktivitas siswa yaitu thitung > ttabel (4,507 > 1,999) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas Kelas Augmented Reality dan Kelas Torso dengan persentase keseluruhan yang diperoleh Kelas Augmented Reality sebesar 74,65% dan Kelas Torso sebesar 68,33%. Hasil analisis peningkatan hasil belajar Kelas Augmented Reality yaitu thitung < ttabel (-8,165 < 1,998) menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar Kelas Augmented Reality. Hasil analisis peningkatan hasil belajar Kelas Torso yaitu thitung < ttabel (-5,302 < 1,996) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Kelas Torso. Hasil analisis perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yaitu thitung > ttabel (4,325 > 1,997) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar Kelas Augmented Reality dan Kelas Torso dengan nilai rata-rata gain yang diperoleh Kelas Augmented Reality sebesar 0,41 dan Kelas Torso sebesar 0,25. Secara keseluruhan disimpulkan bahwa media dapat memberikan pengaruh kepada siswa dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.3 Hid p
Keywords: Augmented reality; Torso; Sistem pencernaan manusia; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:22
Last Modified: 30 Jul 2025 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64576

Actions (login required)

View Item
View Item