Gultom, Yohannes Parulian (2024) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203144018_Cover.pdf
Download (299kB)
7203144018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203144018_Abstrak.pdf
Download (553kB)
7203144018_Kata_Pengantar.pdf
Download (873kB)
7203144018_Daftar_Isi.pdf
Download (847kB)
7203144018_Daftar_Tabel.pdf
Download (365kB)
7203144018_Daftar_Gambar.pdf
Download (363kB)
7203144018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (299kB)
7203144018_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203144018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7203144018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203144018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203144018_BAB_V.pdf
Download (551kB)
7203144018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203144018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi di SMK Neger 1 Medan. Jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitias menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisi data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis Parsial (Uji-t), Uji Simultan (Uji-f) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil Uji-t menunjukkan bahwa disiplin berpengaruh signifikan dengan perolehan Nilai thitung disiplin belajar sebesar 2.109 > nilai ttabel sebesar 2.004 atau nilai signifikansi sebesar 0.040 < alpha (0.05). Lingkungan belajar berpengaruh signifikan dengan Nilai thitung lingkungan belajar sebesar 2.036 > nilai ttabel sebesar 2.004 atau nilai signifikansi sebesar 0.047 < alpha (0.05). Kemudian hasil Uji-f Nilai Fhitung disiplin belajar dan lingkungan belajar sebesar 9.188 > nilai Ftabel sebesar 3.160 atau nilai signifikansi sebesar 0.000 < alpha (0.05). Kemudian untuk Koefisien Determinasi diperoleh R Square sebersar 0,250 atau 25%. Hal ini berarti hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Sistem Informasi Dan Komunikasi Organisasi Di SMK 1 Medan T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Disiplin, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:51 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 04:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64537 |
