PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024

Gultom, Yohannes Parulian (2024) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144018_Cover.pdf] Text
7203144018_Cover.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7203144018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144018_Abstrak.pdf] Text
7203144018_Abstrak.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 7203144018_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144018_Kata_Pengantar.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of 7203144018_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144018_Daftar_Isi.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of 7203144018_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144018_Daftar_Tabel.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 7203144018_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203144018_Daftar_Gambar.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 7203144018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7203144018_BAB_I.pdf] Text
7203144018_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203144018_BAB_II.pdf] Text
7203144018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203144018_BAB_III.pdf] Text
7203144018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203144018_BAB_IV.pdf] Text
7203144018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203144018_BAB_V.pdf] Text
7203144018_BAB_V.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 7203144018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144018_Lampiran.pdf] Text
7203144018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi di SMK Neger 1 Medan. Jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitias menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisi data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis Parsial (Uji-t), Uji Simultan (Uji-f) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil Uji-t menunjukkan bahwa disiplin berpengaruh signifikan dengan perolehan Nilai thitung disiplin belajar sebesar 2.109 > nilai ttabel sebesar 2.004 atau nilai signifikansi sebesar 0.040 < alpha (0.05). Lingkungan belajar berpengaruh signifikan dengan Nilai thitung lingkungan belajar sebesar 2.036 > nilai ttabel sebesar 2.004 atau nilai signifikansi sebesar 0.047 < alpha (0.05). Kemudian hasil Uji-f Nilai Fhitung disiplin belajar dan lingkungan belajar sebesar 9.188 > nilai Ftabel sebesar 3.160 atau nilai signifikansi sebesar 0.000 < alpha (0.05). Kemudian untuk Koefisien Determinasi diperoleh R Square sebersar 0,250 atau 25%. Hal ini berarti hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Sistem Informasi Dan Komunikasi Organisasi Di SMK 1 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Disiplin, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:51
Last Modified: 29 Jul 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64537

Actions (login required)

View Item
View Item