Vitaloka (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MANAJEMEN KANTOR KELAS XI MPLB DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203344010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Cover.pdf
Download (456kB)
![[thumbnail of 7203344010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Abstrak.pdf
Download (784kB)
![[thumbnail of 7203344010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Kata_Pengantar.pdf
Download (991kB)
![[thumbnail of 7203344010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Daftar_Tabel.pdf
Download (723kB)
![[thumbnail of 7203344010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Daftar_Gambar.pdf
Download (511kB)
![[thumbnail of 7203344010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (452kB)
![[thumbnail of 7203344010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203344010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7203344010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203344010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 7203344010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_BAB_V.pdf
Download (666kB)
![[thumbnail of 7203344010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Manajemen Kantor kelas XI MPLB di SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berupa eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MPLB SMKS PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XI MPLB 1 yang berjumlah 33 siswa dan MPLB 2 dengan jumlah 31 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner/angket, dan tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalur (two way anova) yang dianalisis dengan SPSS versi 26.
Dari hasil analisis data, terdapat hasil Fhitung sebesar 4.050 dan nilai signifikansi minat belajar sebesar 0,049. Untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 60 diperoleh nilai Ftabel = 4,00. Maka Fhitung > Ftabel yaitu 4.050> 4,00 dengan nilai signifikansi 0,049 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Kemudian hasil Fhitung sebesar 81,467 dengan nilai signifikansi media pembelajaran sebesar 0,000. Untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 60 diperoleh nilai Ftabel = 4,00 Maka Fhitung > Ftabel yaitu 81,467 > 4,00 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan media quizizz sebesar 84,24 lebih tinggi dari rerata hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan menggunakan media powerpoint sebesar 70,16. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih tinggi dari penggunaan media pembelajaran quizizz dibandingkan dengan media pembelajaran powerpoint. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media Pembelajaran quizizz dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Manajemen Kantor elas XI MPLB Di SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64525 |