PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MPLB SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024

Nasution, Sofiah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MPLB SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7202444010_Cover.pdf] Text
7202444010_Cover.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7202444010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202444010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444010_Abstrak.pdf] Text
7202444010_Abstrak.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of 7202444010_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202444010_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444010_Daftar_Isi.pdf] Text
7202444010_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444010_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202444010_Daftar_Tabel.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of 7202444010_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202444010_Daftar_Gambar.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 7202444010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202444010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 7202444010_BAB_I.pdf] Text
7202444010_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202444010_BAB_II.pdf] Text
7202444010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202444010_BAB_III.pdf] Text
7202444010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7202444010_BAB_IV.pdf] Text
7202444010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7202444010_BAB_V.pdf] Text
7202444010_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202444010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444010_Lampiran.pdf] Text
7202444010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Kurikulum merdeka memberi kesempatan kepada para pendidik untuk memilih dan merancang media pembelajaran namun harus tetap sesuai dengan karakteristik peserta didik. Perubahan teknologi yang semakin besar akan mempermudah guru dalam merancang alat pembelajaran yang tepat namun pada prakteknya masih banyak para pendidik yang memakai model pembelajaran konvensional. Padahal ketepatan dalam memilih model maupun media sangat dianjurkan, sebab pembelajaran dipengaruhi oleh keduanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran STAD berbantuan media quizizz diterapkan dalam pembelajaran. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini siswa jurusan manajemen perkantoran fase E dengan jumlah 78 siswa dimana yang menjadi sampel yaitu kelas X MPLB 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa dan X MPLB 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 39 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah model STAD berbantuan media quizizz diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang dilakukan yang dimana thitung > ttabel yaitu, 3,369>1,665 dengan taraf signifikansi 0,001<0,05 sehingga bisa diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa kelas eksperimen juga mengalamai peningkatan sebesar 40% dimana pada tes awal rata-rata yang di capai siswa sebesar 48,59 menjadi 80,77 pada tes akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran, STAD (Student Team Achievement Division), Media pembelajaran, Quizizz, Job profil di bidang MPLB
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:51
Last Modified: 29 Jul 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64523

Actions (login required)

View Item
View Item