PENGARUH TEKNIK PEER-CORRECTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JAMBI MEDAN

Nabilla Nr, Weandy (2024) PENGARUH TEKNIK PEER-CORRECTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111005_Cover.pdf] Text
2201111005_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 2201111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 2201111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 2201111005_Abstrak.pdf] Text
2201111005_Abstrak.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2201111005_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111005_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 2201111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 2201111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 2201111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 2201111005_BAB_I.pdf] Text
2201111005_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 2201111005_BAB_II.pdf] Text
2201111005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[thumbnail of 2201111005_BAB_III.pdf] Text
2201111005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[thumbnail of 2201111005_BAB_IV.pdf] Text
2201111005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111005_BAB_V.pdf] Text
2201111005_BAB_V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 2201111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 2201111005_Lampiran.pdf] Text
2201111005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik Peer- Correction Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Jambi.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 125 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang di kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi (quasi Experiment) dan menggunakan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan teknik tes dan non tes.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis data, uji noemalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data penelitian menunjukkan hasil uji
normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan 0,05, hasil data variabel X adalah -1,108 < 0,300, dan hasil uji normalitas data variable Y adalah -1,107 < 0,300. Hasil
uji homogenitas penelitian ini adalah Fhitung < Ftabel, yakni 2,93 < 4,95, dan uji hipotesis t0 > ttabel, yaitu 13,58 >1,69. Hasil penelitian ini menunjukkan, kemampuan
menulis teks puisi pada siswa VIII SMP Swasta Jambi Medan tanpa menggunakan teknik Peer- Correction tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 58,50 dan kemampuan menulis teks puisi pada siswa VIII SMP Swasta Jambi Medan dengan menggunakan teknik Peer- Correction tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,33. Hal ini membuktikan bahwa teknik Peer-Correction memilikipengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: menulis, puisi, teknik Peer- Correction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:56
Last Modified: 29 Jul 2025 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64520

Actions (login required)

View Item
View Item