Fransiska, Irma Erviana (2012) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PENGUASAAN VOCABULARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SDN 015885 KEC. LIMA PULUH T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
l08313146 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
l08313146 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
l08313146 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
l08313146 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
l08313146 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
l08313146 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
l08313146 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
l08313146 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
l08313146 BAB I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
l08313146 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
l08313146 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN015885 Kec. Lima Puluh pada mata pelajaran bahasa Inggris, sehingga nilai siswatidak mencapai standar yang telah ditentukan sekolah yaitu 65. Penelitian inibertujuan untuk mengaplikasikan penggunaan metode Make A Match untukmeningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa dalam penguasaan Vocabulary dikelas IV SDN 015885 Kec. Lima Puluh Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 015885 Kec. LimaPuluh tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan sampelini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasilrujukan dari kepala sekolah. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruhpenggunaan metode pembelajaran Make A Match dalam penguasaan Vocabularyuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes penelitimendapatkan data dari 30 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai tuntas denganpersentase sebesar 23,3%, dan 23 siswa memperoleh nilai tidak tuntas denganpersentase sebesar 76,6% dengan nilai rata-rata 53. Kesulitan-kesulitan siswadianalisis kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Make AMatch pada siklus I. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari 30 siswaterdapat 15 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 50% dan15 siswa tidak mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 50% dengan nilairata-rata 65,5. Nilai ini masih tergolong rendah, maka harus dilanjutkan ke siklusII. Dan setelah dilakukan siklus II ini mengalami peningkatan dari 30 siswa hanya4 siswa yang belum mengalami nilai tuntas dengan persentase sebesar 13,3% dan26 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase sebesar 86,6% dengannilai rata-rata klasikal 80,3. Sementara persentase hasil observasi siswa pada tesawal sebesar 25%, siklus I pertemuan I sebesar 39,2%, siklus I pertemuan IIsebesar 50%, siklus II pertemuan I sebesar 75% dan pada siklus II pertemuan IIsebesar 89,3%. Selanjutnya untuk skor total observasi guru pada siklus Ipertemuan I sebesar 60,7, siklus I pertemuan II sebesar 75, pada siklus IIpertemuan I sebesar 82,1 dan pada siklus II pertemuan II mendapat skor sebesar85,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metodepembelajaran Make A Match dapat meningkatkan penguasaan Vocabulary siswadi kelas IV SDN 015885 Kec. Lima Puluh tahun ajaran 2011/2012. Dandisarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan metode pembelajaranyang tepat dalam mata pelajaran bahasa Inggris khususnya agar prosespembelajaran dikelas berjalan efektif dan hasil belajar s iswa pun menjadimeningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Fra p |
Keywords: | Pembelajaran Make A Match; Vocabulary; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6451 |