Simanjuntak, Vanita Deben (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS PROSEDUR BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK PADA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111003_Cover.pdf
Download (198kB)
2203111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (190kB)
2203111003_Abstrak.pdf
Download (122kB)
2203111003_Daftar_Isi.pdf
Download (130kB)
2203111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
2203111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (118kB)
2203111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
2203111003_BAB_I.pdf
Download (383kB)
2203111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
2203111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (599kB)
2203111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2203111003_BAB_V.pdf
Download (170kB)
2203111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (219kB)
2203111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan materi ajar teks prosedur berbantuan media scrapbook pada kelas VII SMP dan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan menggunakan media scrapbook terhadap
materi teks prosedur di kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk,dan revisi produk. Perhitungan nilai kelayakan ditentukan dengan menggunakan skala likert terhadap hasil validasi ahli materi, ahli media, dan guru
mata pelajaran. Proses pengembangan materi dilakukan untuk menambahkan kontribusi dalam mengembangkan materi teks prosedur yang telah ada menjadi materi teks prosedur yang lebih baik lagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
produk yang dihasilkan dari penelitian “Pengembangan Materi Ajar teks Prosedur Berbantuan Media Scrapbook pada Kelas VII SMP” termasuk dalam kualifikasi sangat baik/sangat layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada hasil validasi
ahli materi dengan nilai 92,2% dengan kualifikasi sangat baik/sangat layak, hasil penilaian validasi ahli media dengan nilai 93% dengan kualifikasi sangat baik/sangat layak, dan nilai dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 92,1% dengan kualifikasi sangat baik/sangat layak. Dengan demikian, produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Materi Ajar, Teks Prosedur, Media Scrapbook |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:38 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 02:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64504 |
