PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2024/2025

Ananda, Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7201144001_Cover.pdf] Text
7201144001_Cover.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 7201144001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7201144001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144001_Abstrak.pdf] Text
7201144001_Abstrak.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 7201144001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7201144001_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144001_Daftar_Isi.pdf] Text
7201144001_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7201144001_Daftar_Tabel.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 7201144001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7201144001_Daftar_Gambar.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 7201144001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7201144001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 7201144001_BAB_I.pdf] Text
7201144001_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7201144001_BAB_II.pdf] Text
7201144001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7201144001_BAB_III.pdf] Text
7201144001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7201144001_BAB_IV.pdf] Text
7201144001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7201144001_BAB_V.pdf] Text
7201144001_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7201144001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144001_Lampiran.pdf] Text
7201144001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran small group discussion dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan MPLB di SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakukan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025 sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item serta angket minat belajar sebanyak 20 item. Sebelum soal ini diberikan kepada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan anava dua jalur (two way anava).
Dari hasil analisis data kelas dengan model pembelajaran small group discussion diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 82.014, sedangkan pada kelas dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 72.50. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu anava dua jalur diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (5.331 > 3.13) dengan nilai signifkansi <0,05 (0,024 < 0,05) yang bermakna bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Small Group Discussion dengan minat belajar yang tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Small Group Discussion, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:35
Last Modified: 29 Jul 2025 01:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64494

Actions (login required)

View Item
View Item