Ananda, Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7201144001_Cover.pdf
Download (292kB)
7201144001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7201144001_Abstrak.pdf
Download (640kB)
7201144001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7201144001_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7201144001_Daftar_Tabel.pdf
Download (674kB)
7201144001_Daftar_Gambar.pdf
Download (565kB)
7201144001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (773kB)
7201144001_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7201144001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
7201144001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7201144001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7201144001_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7201144001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7201144001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran small group discussion dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan MPLB di SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakukan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025 sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item serta angket minat belajar sebanyak 20 item. Sebelum soal ini diberikan kepada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan anava dua jalur (two way anava).
Dari hasil analisis data kelas dengan model pembelajaran small group discussion diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 82.014, sedangkan pada kelas dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 72.50. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu anava dua jalur diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (5.331 > 3.13) dengan nilai signifkansi <0,05 (0,024 < 0,05) yang bermakna bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Small Group Discussion dengan minat belajar yang tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Small Group Discussion, Minat Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:35 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 01:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64494 |
