PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN JENIS PERALATAN PENGELOLAAN DOKUMEN DI SMKS BINA SATRIA T.A 2024/2025

Hasibuan, Nurleni (2024) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN JENIS PERALATAN PENGELOLAAN DOKUMEN DI SMKS BINA SATRIA T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7201144011_Cover.pdf] Text
7201144011_Cover.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 7201144011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7201144011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7201144011_Abstrak.pdf] Text
7201144011_Abstrak.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of 7201144011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7201144011_Kata_Pengantar.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of 7201144011_Daftar_Isi.pdf] Text
7201144011_Daftar_Isi.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of 7201144011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7201144011_Daftar_Tabel.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7201144011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7201144011_Daftar_Gambar.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7201144011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7201144011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7201144011_BAB_I.pdf] Text
7201144011_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 7201144011_BAB_II.pdf] Text
7201144011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7201144011_BAB_III.pdf] Text
7201144011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7201144011_BAB_IV.pdf] Text
7201144011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7201144011_BAB_V.pdf] Text
7201144011_BAB_V.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 7201144011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7201144011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of 7201144011_Lampiran.pdf] Text
7201144011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran jenis peralatan dan pengelolaan
dokumen di SMKS Bina Satria T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan model two-group-pretest-postest design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan melalui tahap pengambilan sampel wilayah (kelas), diambil dari 2 kelas dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X MPLB 2 sebagai (Kelas Eksperimen) berjumlah 32 peserta didik dan kelas X MPLB 3 sebagai (Kelas Kontrol) berjumlah 33. Dengan Teknik pengumpulan data berupa
wawancara, observasi, dokumentasi dan juga tes. Teknik analisis data yaitu berupa menentukan nilai rata-rata, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis Independent Sample t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji
hipotesis Independent Sample T-Test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga < 0,005 maka hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian diterima yakni model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kahoot terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada jenis peralatan pengelolaan dokumen di SMKS Bina Satria T.A 2024/2025. Artinya
terdapat peningkatan hasil belajar jenis peralatan pengelolaan dokumen seteleh diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Media Kahoot, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:55
Last Modified: 28 Jul 2025 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64487

Actions (login required)

View Item
View Item