PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA PEMBANGUNAN GALANG

Rambe, Nur Aisyah Apriani (2024) PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2191111019_Cover.pdf] Text
2191111019_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2191111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2191111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (933kB)
[thumbnail of 2191111019_Abstrak.pdf] Text
2191111019_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2191111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2191111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 2191111019_Daftar_Isi.pdf] Text
2191111019_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2191111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2191111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2191111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2191111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 2191111019_BAB_I.pdf] Text
2191111019_BAB_I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 2191111019_BAB_II.pdf] Text
2191111019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[thumbnail of 2191111019_BAB_III.pdf] Text
2191111019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[thumbnail of 2191111019_BAB_IV.pdf] Text
2191111019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[thumbnail of 2191111019_BAB_V.pdf] Text
2191111019_BAB_V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2191111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2191111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2191111019_Lampiran.pdf] Text
2191111019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks anekdot siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode modeling the way terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang, yaitu 56 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas X-1 yang berjumlah 28 siswa, dan siswa kelas X-2 yang berjumlah 28
siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 72 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 66 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil kemampuan menulis teks anekdot kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar
dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel, yaitu 1,81 > 1,022 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Metode
Modeling The Way Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Modeling The Way; Kemampuan Menulis Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:56
Last Modified: 28 Jul 2025 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64486

Actions (login required)

View Item
View Item