Rambe, Nur Aisyah Apriani (2024) PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2191111019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Cover.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 2191111019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (933kB)
![[thumbnail of 2191111019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Abstrak.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 2191111019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 2191111019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 2191111019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 2191111019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 2191111019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_BAB_I.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of 2191111019_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (747kB)
![[thumbnail of 2191111019_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
![[thumbnail of 2191111019_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (865kB)
![[thumbnail of 2191111019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_BAB_V.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 2191111019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 2191111019_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191111019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks anekdot siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode modeling the way terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang, yaitu 56 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas X-1 yang berjumlah 28 siswa, dan siswa kelas X-2 yang berjumlah 28
siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 72 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 66 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil kemampuan menulis teks anekdot kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar
dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel, yaitu 1,81 > 1,022 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Metode
Modeling The Way Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Modeling The Way; Kemampuan Menulis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64486 |