PENGEMBANGAN MATERI TEKS PERSUASI BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BINJAI

Ginting, Shada Fadhilah (2024) PENGEMBANGAN MATERI TEKS PERSUASI BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111006_Cover.pdf] Text
2201111006_Cover.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 2201111006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111006_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111006_Kata_Pengantar.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 2201111006_Abstrak.pdf] Text
2201111006_Abstrak.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 2201111006_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111006_Daftar_Isi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 2201111006_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111006_Daftar_Tabel.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2201111006_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111006_Daftar_Gambar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2201111006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2201111006_BAB_I.pdf] Text
2201111006_BAB_I.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 2201111006_BAB_II.pdf] Text
2201111006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[thumbnail of 2201111006_BAB_III.pdf] Text
2201111006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[thumbnail of 2201111006_BAB_IV.pdf] Text
2201111006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2201111006_BAB_V.pdf] Text
2201111006_BAB_V.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 2201111006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 2201111006_Lampiran.pdf] Text
2201111006_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, bentuk pengembangan, dan kelayakan materi teks persuasi berbasis augmented reality berbantuan aplikasi assemblr edu pada siswa kelas VIII. Penelitian ini
menggunakan metode research and development dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian ini. Adapun tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Tahap validasi menyertakan dosen ahli materi dan dosen ahli desain untuk mengevaluasi kelayakan materi dan kelayakan desain. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Produk yang dikembangkan berupa materi teks persuasi berbasis augmented reality berbentuk digital yang akan disediakan dalam bentuk tautan: https://shorturl.at/cZFkN . Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kelayakan materi memperoleh skor 4,73 dengan persentase sebesar 96,63% dengan kategori “Sangat Layak” serta hasil kelayakan desain memperoleh skor 4,41 dengan persentase sebesar 88,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa materi ajar yang dihasilkan sudah baik dan layak digunakan sebagai materi pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks Persuasi, Augmented Reality, Assemblr Edu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:44
Last Modified: 28 Jul 2025 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64482

Actions (login required)

View Item
View Item