Puspita, Mega Bella (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS MPLB DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203344012_Cover.pdf
Download (568kB)
7203344012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203344012_Abstrak.pdf
Download (908kB)
7203344012_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203344012_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203344012_Daftar_Tabel.pdf
Download (633kB)
7203344012_Daftar_Gambar.pdf
Download (455kB)
7203344012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (550kB)
7203344012_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203344012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203344012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203344012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203344012_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203344012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (844kB)
7203344012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di SMKS PAB 2 Helvetia pada Tahun Ajaran 2023/2024. Metode kuantitatif digunakan dengan total sampling terhadap dua kelas, masing-masing 37 siswa, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (X MPLB 2) yang menggunakan Canva dan kelompok kontrol (X MPLB 1) yang menggunakan buku paket. Instrumen penelitian berupa angket kreativitas dan tes evaluasi hasil belajar yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya pembeda. Hasil menunjukkan bahwa Canva memiliki dampak positif signifikan terhadap kreativitas siswa, dengan nilai rata-rata kreativitas kelompok eksperimen (50.08) yang jauh lebih tinggi daripada kelompok kontrol (30.97). Analisis normalitas dan homogenitas varian menegaskan validitas dan kesetaraan data antar kelompok. Selain itu, uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Canva dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif di masa depan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Kreativitas, Hasil Belajar, Metode Kuantitatif |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:45 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 07:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64470 |
