PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS MPLB DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024

Puspita, Mega Bella (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS MPLB DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203344012_Cover.pdf] Text
7203344012_Cover.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 7203344012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203344012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344012_Abstrak.pdf] Text
7203344012_Abstrak.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of 7203344012_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203344012_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344012_Daftar_Isi.pdf] Text
7203344012_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344012_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203344012_Daftar_Tabel.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of 7203344012_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203344012_Daftar_Gambar.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 7203344012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203344012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 7203344012_BAB_I.pdf] Text
7203344012_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203344012_BAB_II.pdf] Text
7203344012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203344012_BAB_III.pdf] Text
7203344012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203344012_BAB_IV.pdf] Text
7203344012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203344012_BAB_V.pdf] Text
7203344012_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203344012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of 7203344012_Lampiran.pdf] Text
7203344012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di SMKS PAB 2 Helvetia pada Tahun Ajaran 2023/2024. Metode kuantitatif digunakan dengan total sampling terhadap dua kelas, masing-masing 37 siswa, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (X MPLB 2) yang menggunakan Canva dan kelompok kontrol (X MPLB 1) yang menggunakan buku paket. Instrumen penelitian berupa angket kreativitas dan tes evaluasi hasil belajar yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya pembeda. Hasil menunjukkan bahwa Canva memiliki dampak positif signifikan terhadap kreativitas siswa, dengan nilai rata-rata kreativitas kelompok eksperimen (50.08) yang jauh lebih tinggi daripada kelompok kontrol (30.97). Analisis normalitas dan homogenitas varian menegaskan validitas dan kesetaraan data antar kelompok. Selain itu, uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Canva dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif di masa depan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Kreativitas, Hasil Belajar, Metode Kuantitatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:45
Last Modified: 28 Jul 2025 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64470

Actions (login required)

View Item
View Item