Sinaga, Roita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111023_Cover.pdf
Download (192kB)
2203111023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111023_Kata_Pengantar.pdf
Download (180kB)
2203111023_Abstrak.pdf
Download (107kB)
2203111023_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
2203111023_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
2203111023_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
2203111023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
2203111023_BAB_I.pdf
Download (388kB)
2203111023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (769kB)
2203111023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (677kB)
2203111023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (970kB)
2203111023_BAB_V.pdf
Download (118kB)
2203111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (213kB)
2203111023_Lampiran.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis siswa pada materi teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan, untuk menganalisis
kemampuan menulis siswa pada materi teks berita dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan, dan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan menulis berita pada siswa kelas VII SMP Negeri
35 Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan dengan sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model two-group post-test design. Instrumen atau alat
yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes berupa lembar LKPD yang berisi gambar. Selanjutnya, dilakukan analisis data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks sebuah teks berita pada kelas kontrol yakni 68 yang dikategorikan cukup, selanjutnya nilai dari kelas eksperimen terhadap kemampuan menulis teks berita yakni 81 yang dikategori sangat baik. Selanjutnya dilakukan uji normalitas yang terbukti normal dan disusul dengan uji homogenitas serta uji hipotesis. Adapun hasil dari uji hipotesis memberikan bukti thitung >ttabel yaitu thitung >ttabel yaitu 5,57 > 1,99897. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran di kelas eksperimen berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerita siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Teks Berita, model Examples Non Examples, Kemampuan menulis. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:16 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 07:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64461 |
