Simangunsong, Jessica Amelia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN GOOGLE DRIVE (G-DRIVE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7202444008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Cover.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 7202444008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Abstrak.pdf
Download (841kB)
![[thumbnail of 7202444008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Kata_Pengantar.pdf
Download (715kB)
![[thumbnail of 7202444008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Daftar_Isi.pdf
Download (740kB)
![[thumbnail of 7202444008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Daftar_Tabel.pdf
Download (458kB)
![[thumbnail of 7202444008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Daftar_Gambar.pdf
Download (514kB)
![[thumbnail of 7202444008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (458kB)
![[thumbnail of 7202444008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202444008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7202444008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7202444008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_BAB_V.pdf
Download (789kB)
![[thumbnail of 7202444008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Google Drive terhadap hasil belajar siswa kelas X MPLB pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan elemen Kearsipan Digital. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu X MPLB-1 dan X MPLB-2 sebanyak 71 siswa yang menjadi sampel dari total keseluruhan jumlah populasi yaitu 135. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan uji daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data ditemukan nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah 65,00 dan 84,44 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang dimana menerapkan model pembelajaran konvensional berbantuan media Powerpoint adalah 60,29 dan 75,57. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mengalami peningkatan sebesar 55,56%. Pada pengujian uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 9,072% dengan pengambilan keputusan lebih rendah dari 0,05 pada df 35 maka diperoleh ttabel 1,68 maka thitung > ttabel (9,072>1,68). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Google Drive (G-Drive) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan Elemen Kearsipan Digital di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Google Drive, Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan, Kearsipan Digital |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64449 |