Malau, Putri Evani (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311026_Cover.pdf
Download (53kB)
2203311026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (543kB)
2203311026_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
2203311026_Abstrak.pdf
Download (152kB)
2203311026_Daftar_Isi.pdf
Download (285kB)
2203311026_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
2203311026_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
2203311026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
2203311026_BAB_I.pdf
Download (445kB)
2203311026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
2203311026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311026_BAB_V.pdf
Download (353kB)
2203311026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (459kB)
2203311026_Lampiran.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerpen siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran TGT oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis, yaitu 176 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa, dan siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 80,7 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 63,4 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil keterampilan menulis cerpen kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel, yaitu 14,7 > 2,060 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model TGT terhadap keterampilan menulis cerpen
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran TGT, Cerita Pendek |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:45 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64448 |
