Br. Sagala, Fitri Wardhani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PODCAST TERHADAP HASIL BELAJAR PERATURAN SARANA DAN PRASARANA KANTOR KELAS XI MPLB DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203344025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Cover.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 7203344025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Abstrak.pdf
Download (556kB)
![[thumbnail of 7203344025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Daftar_Isi.pdf
Download (617kB)
![[thumbnail of 7203344025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 7203344025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7203344025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 7203344025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203344025_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203344025_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203344025_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203344025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_BAB_V.pdf
Download (826kB)
![[thumbnail of 7203344025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (944kB)
![[thumbnail of 7203344025_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Interaktif Podcast terhadap hasil belajar siswa Peraturan Sarana dan Prasarana Kantor kelas XI MPLB SMKS Budi Agung Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI-MPLB SMKS Budi Agung Medan T.A 2023/2024 berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata sehingga diperoleh sampel sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, pretest, posttest dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelumnya. Data hasil pre-test menunjukkan bahwa pemahaman awal siswa di kedua kelas relatif serupa, namun setelah intervensi dengan PBL berbantuan podcast, terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil post-test kelas eksperimen (rata-rata nilai 83,10) dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata nilai 72,39). Analisis data menggunakan uji statistik Independent Samples T-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan PBL berbantuan media interaktif podcast terhadap hasil belajar siswa (nilai signifikansi = 0,007). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Media Interaktif Podcast efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Peraturan Sarana dan Prasarana Kantor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PBL berbantuan Media Interaktif Podcast dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat pendidikan menengah kejuruan, khususnya dalam konteks pengajaran Peraturan Sarana dan Prasarana Kantor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Media Interaktif Podcast, Hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64439 |