Syahriani, Alica (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA ANIMASI BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203141050_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Cover.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 4203141050_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of 4203141050_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Abstrak.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of 4203141050_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Kata_Pengantar.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 4203141050_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Daftar_Isi.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 4203141050_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_BAB_I.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 4203141050_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (503kB)
![[thumbnail of 4203141050_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (611kB)
![[thumbnail of 4203141050_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
![[thumbnail of 4203141050_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_BAB_V.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 4203141050_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 4203141050_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203141050_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media animasi berbasis aplikasi kinemaster terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi materi sistem pernapasan manusia siswa SMA Negeri 18 Medan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2023 sampai Juni 2024 menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain two group pretespostes. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen XI MIA2 berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol XI MIA3 berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes HOTS berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes akhir pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 82,40 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,33. Siswa yang diajarkan dengan model make a match berbantuan media animasi memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media animasi berbasis aplikasi kinemaster terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 18 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.2 Sya p |
Keywords: | Model pembelajaran; Make a match; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Sistem pernapasan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64434 |