Pasaribu, Fitri Handayani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR PADA KELAS X MPLB DI SMKS BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203144027_Cover.pdf
Download (289kB)
7203144027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203144027_Abstrak.pdf
Download (1MB)
7203144027_Kata_Pengantar.pdf
Download (932kB)
7203144027_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203144027_Daftar_Tabel.pdf
Download (495kB)
7203144027_Daftar_Gambar.pdf
Download (348kB)
7203144027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (563kB)
7203144027_BAB_I.pdf
Download (6MB)
7203144027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
7203144027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203144027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203144027_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203144027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (907kB)
7203144027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran menggunakan peralatan kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran menggunakan peralatan kantor pada kelas X MPLB di SMKS Budi Agung Medan. Melalui teknik porposave sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X MPLB1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall kelas X MPLB2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen atau teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal diman sebelumnya telah dilakukan ujicoba untuk mengetahui tingkat validitas, realibilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas,, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas kontrol 47,65 dan kelas eksperimen 48,47 dengan nilai rata-rata post test kelas kontrol 70,29 dan kelas eksperimen 82,22. Uji hipotesis hasil tes siswa didapatkan nilai dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probabilitas signifikan <0,05, thitung > ttabel = 3,909 > 1,670. Artinya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada capaian pembelajaran menggunakan peralatan kantor di SMKS Budi Agung Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Wordwall, Hasil Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:00 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64432 |
