Pasaribu, Widya Malem (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202441007_Cover.pdf
Download (147kB)
7202441007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (417kB)
7202441007_Abstrak.pdf
Download (144kB)
7202441007_Kata_Pengantar.pdf
Download (472kB)
7202441007_Daftar_Isi.pdf
Download (172kB)
7202441007_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
7202441007_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
7202441007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
7202441007_BAB_I.pdf
Download (710kB)
7202441007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
7202441007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441007_BAB_V.pdf
Download (172kB)
7202441007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (266kB)
7202441007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui mengetahui pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar terhadap motivasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2021 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di jalan Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Deli Serdang dan pelaksanaannya di lakukan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2021 yang berjumlah 77 orang mahasiswa melalui pengisian kuesioner angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket. Data yang terkumpul dilakukan analisis melalui analisis regresi berganda, serta uji hipotesis melalui penggunaan uji-t dan uji-F serta koefisien determinasi yang dihitung untuk melihat tingkat yang mempengaruhi dari variabel motivasi belajar yang dijelaskan oleh variabel-variabel yang diteliti penulis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 1,608 + 0,543 X1 + 0,507 X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial Literasi Digital (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan masing-masing dengan nilai Sig<0,05 yaitu 0,000 < 0,05 terhadap Motivasi Belajar dengan thitung > ttabel. Secara simultan Literasi Digital dan Kemandirian Belajar berpengaruh secara signifikan pada nilai Fhitung > Ftabel (69,448 > 3,12). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 adalah sebesar 0,652 artinya kontribusi dari motivasi belajar sebesar 65,2% yang dipengaruhi oleh kedua variabel yang masuk dalam persamaan dan sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 09:39 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 09:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64423 |
