Nainggolan, Widia Suryantina Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202441009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Cover.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 7202441009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202441009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Abstrak.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 7202441009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Kata_Pengantar.pdf
Download (873kB)
![[thumbnail of 7202441009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Daftar_Isi.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 7202441009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Daftar_Tabel.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 7202441009_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Daftar_Gambar.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 7202441009_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 7202441009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_BAB_I.pdf
Download (534kB)
![[thumbnail of 7202441009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (742kB)
![[thumbnail of 7202441009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (928kB)
![[thumbnail of 7202441009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202441009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_BAB_V.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7202441009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of 7202441009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Study terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan T.P 2023/2024.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 MEDAN yang berelokasi di Jl. Pelajar Gg. Darmo, Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 102 siswa dari tiga kelas. Kemudian jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental (eksperimental murni) dengan menggunakan teknik Purposive Sample berjumlah 68 siswa yang berasal dari dua kelas, kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Case Study. Untuk mendapatkan data yang diharapkan dalam penelitian ini menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di uji cobakan kepada siswa untuk mengetahui validasi, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kontrol pada nilai pretest adalah sebesar 53,59 dan 55,56 dan nilai rata-rata pada nilai postest eksperimen dan kontrol adalah sebesar 83,01 dan 73,04. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan berasal dari data yang homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan independent sample t test t-test for Equality of Means sebesar 4,541, sedangkan nilai t tabel yaitu 1668. Dimana pengambilan keputusan uji hipotesis, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran Case Study terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Case Study, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 09:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64420 |