PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN KEARSIPAN DI KELAS XI MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN TA.2023/2024

Sitanggang, Emmi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN KEARSIPAN DI KELAS XI MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN TA.2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203344009_Cover.pdf] Text
7203344009_Cover.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 7203344009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203344009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 7203344009_Abstrak.pdf] Text
7203344009_Abstrak.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 7203344009_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203344009_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344009_Daftar_Isi.pdf] Text
7203344009_Daftar_Isi.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of 7203344009_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203344009_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 7203344009_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203344009_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7203344009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203344009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 7203344009_BAB_I.pdf] Text
7203344009_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203344009_BAB_II.pdf] Text
7203344009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203344009_BAB_III.pdf] Text
7203344009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203344009_BAB_IV.pdf] Text
7203344009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203344009_BAB_V.pdf] Text
7203344009_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203344009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203344009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203344009_Lampiran.pdf] Text
7203344009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division dan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas Kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan T.A.2023/2024. Jenis penelitian
ini adalah Quasi eksperimen atau penelitian eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MPLB. Melalui penggunaan purposive sampling, kelas XI MPLB I dan XI MPLB IV menjadi penelitian kelas eksperimen. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
perlakuan model pembelajaran STAD dan Jigsaw, dokumentasi dan tes soal. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product momet dan realibilitas menggunakan Kuddr-Ricardos 20 (KR-20), taraf kesukaran dan daya pembeda menggunakan excel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,
uji homogenitas dan uji hipotesis. Adapun aplikasi atau software yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 23 for windows. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata Post-Test dikelas eksperimen I adalah 85,45 dengan menerapkan model pembelajaran STAD sedangkan di kelas eksperimen II adalah 80,32 dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Uji
hipotesis hasil test siswa diperoleh thitung lebih besar ttabel yaitu (8,143>1,66) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran Jigsaw
terhadap hasil belajar pengelolaan kearsipan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Student Team Achievement Division, Model Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Jul 2025 09:30
Last Modified: 25 Jul 2025 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64419

Actions (login required)

View Item
View Item