PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2023/2024

Siahaan, Tini Andika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202441011_Cover.pdf] Text
7202441011_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 7202441011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202441011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 7202441011_Abstrak.pdf] Text
7202441011_Abstrak.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 7202441011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202441011_Kata_Pengantar.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 7202441011_Daftar_Isi.pdf] Text
7202441011_Daftar_Isi.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 7202441011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202441011_Daftar_Tabel.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 7202441011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202441011_Daftar_Gambar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 7202441011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202441011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 7202441011_BAB_I.pdf] Text
7202441011_BAB_I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 7202441011_BAB_II.pdf] Text
7202441011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[thumbnail of 7202441011_BAB_III.pdf] Text
7202441011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[thumbnail of 7202441011_BAB_IV.pdf] Text
7202441011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[thumbnail of 7202441011_BAB_V.pdf] Text
7202441011_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 7202441011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202441011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 7202441011_Lampiran.pdf] Text
7202441011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Medan yang berada di jalan Sampali No.23, Pandau Hulu II, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara, 20233. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 89 siswa. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi yaitu lembar observasi aktivitas siswa, tes objektif yaitu pretest dan posttest, dan dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung untuk aktivitas belajar didapat sebesar 11,227 > ttabel yakni 1,6743. Untuk hasil belajar didapati thitung sebesar 14,991 > ttabel yakni 1,6743. Dilihat dari hasil tersebut penerapan model ini sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, PBL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 25 Jul 2025 09:19
Last Modified: 25 Jul 2025 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64417

Actions (login required)

View Item
View Item