Siahaan, Tini Andika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202441011_Cover.pdf
Download (164kB)
7202441011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (517kB)
7202441011_Abstrak.pdf
Download (284kB)
7202441011_Kata_Pengantar.pdf
Download (416kB)
7202441011_Daftar_Isi.pdf
Download (195kB)
7202441011_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
7202441011_Daftar_Gambar.pdf
Download (134kB)
7202441011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (137kB)
7202441011_BAB_I.pdf
Download (429kB)
7202441011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (816kB)
7202441011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (858kB)
7202441011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (821kB)
7202441011_BAB_V.pdf
Download (162kB)
7202441011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
7202441011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Medan yang berada di jalan Sampali No.23, Pandau Hulu II, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara, 20233. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 89 siswa. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi yaitu lembar observasi aktivitas siswa, tes objektif yaitu pretest dan posttest, dan dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung untuk aktivitas belajar didapat sebesar 11,227 > ttabel yakni 1,6743. Untuk hasil belajar didapati thitung sebesar 14,991 > ttabel yakni 1,6743. Dilihat dari hasil tersebut penerapan model ini sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning, PBL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 09:19 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 09:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64417 |
