Manik, Elisabeth (2024) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN SISWA KELAS XI OTKP DI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203144015_Cover.pdf
Download (560kB)
7203144015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203144015_Abstrak.pdf
Download (788kB)
7203144015_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203144015_Daftar_Isi.pdf
Download (683kB)
7203144015_Daftar_Tabel.pdf
Download (563kB)
7203144015_Daftar_Gambar.pdf
Download (557kB)
7203144015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (558kB)
7203144015_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203144015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203144015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203144015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203144015_BAB_V.pdf
Download (667kB)
7203144015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203144015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian kelas XI OTKP di SMK negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.A 2023/2024 yang berjumlah 134 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik cluster random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung > ttabel (13,278>1,672) dan nilai signifikan (0,000<0,050). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung > ttabel (4,719>1,672) dan nilai signifikansi (0,000<0,050). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel (330,739 ≥ 3,16) dan nilai signifikansi (0,000<0,050). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,921 yang artinya variabel Komunikasi Interpersonal dan Kemandirian Belajar berpengaruh sebesar 92,1 % terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan dan sisanya sebesar 7,9 % dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 09:20 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 09:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64416 |
