Marpaung, Dini Humairah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN DOKUMEN BERBASIS DIGITAL DI SMK BINA SATRIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7201144008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Cover.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of 7201144008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7201144008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Abstrak.pdf
Download (561kB)
![[thumbnail of 7201144008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Kata_Pengantar.pdf
Download (707kB)
![[thumbnail of 7201144008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Daftar_Isi.pdf
Download (836kB)
![[thumbnail of 7201144008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Daftar_Tabel.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 7201144008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Daftar_Gambar.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 7201144008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 7201144008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7201144008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7201144008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201144008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201144008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_BAB_V.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of 7201144008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (896kB)
![[thumbnail of 7201144008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (26MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probelm Based Learning (PBL) berbantuan Capcut terhadap hasil belajar siswa kelas X MPLB pada elemen kearsipan digital. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Bina Satria Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu X-1 MPLB (Kelas Eksperimen) dan X-2 MPLB (Kelas Kontrol) sebanyak 56 siswa yang menjadi sampel dari total keseluruhan jumlah populasi yaitu 86. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan uji daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data ditemukan nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Probelm Based Learning (PBL) adalah 65.00 dan 86,57 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang dimana menerapkan model pembelajaran konvensional berbantuan media Powerpoint adalah 63.00 dan 80,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan sebesar 21,57%. Pada pengujian uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 6,777% dengan pengambilan keputusan lebih rendah dari 0,05 pada df 27 maka diperoleh ttabel 2,055 maka thitung > ttabel (6,777 > 2,055). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probelm Based Learning (PBL) Berbantuan Capcut berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Elemen Dokumen Berbasis Digital di SMK Bina Satria Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Probelm Based Learning (PBL), Capcut, Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan, Dokumen Digital |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education S Agriculture > SD Forestry > SD11 Documents |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64410 |