Simamora, Debora P.V. (2024) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS XI MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7202444007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Cover.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 7202444007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Abstrak.pdf
Download (836kB)
![[thumbnail of 7202444007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Daftar_Tabel.pdf
Download (328kB)
![[thumbnail of 7202444007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Daftar_Gambar.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 7202444007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 7202444007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202444007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202444007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_BAB_V.pdf
Download (829kB)
![[thumbnail of 7202444007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (939kB)
![[thumbnail of 7202444007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar elemen pengelolaan kearsipan dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) di kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan TA. 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MPLB yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 131 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling dimana sampel penelitian diambil dari dua kelas yang
berjumlah 64 orang. Kelas XI MPLB 3 (Eksperimen I) menerapkan model TGT berjumlah 32 orang dan XI MPLB 4 (Eksperimen II) menerapkan model NHT berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soalnya. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kuantitatif yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II pada nilai pre-test adalah sebesar 45,94 dan 45,16 dan nilai rata-rata pada nilai post-test adalah sebesar 84,53 dan 80,16. Data pada uji normalitas didapatkan hasil bahwa data terdistribusi normal sesuai perhitungan normalitas Lhitung<Ltabel yakni pada data pre-test kelas eksperimen I diperoleh 0,1275 < 0,1568 dan kelas eksperimen II diperoleh 0,0764 < 0,1568. Sedangkan data post-test pada kelas eksperimen I diperoleh
0,1427 < 0,1568 dan kelas eksperimen II diperoleh 0,1385 < 0,1568. Data pada uji homogenitas didapatkan hasil bahwa berasal dari data yang homogen yakni untuk nilai pre-test diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,159<1,84. Sedangkan uji homogenitas untuk nilai post-test diperoleh 1,216<1,84. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1+n2–2 pada taraf signifikan 95%. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (2,88>1,6697), maka hipotesis diterima yakni terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) di Kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64402 |