PENGARUH MODEL DIRECT INTERACTION DENGAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN PADA SISWA KELAS X OTKPDI SMK NEGERI 1KABAN JAHE T.A 2023/2024

Karo-Karo, Arnanda (2024) PENGARUH MODEL DIRECT INTERACTION DENGAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN PADA SISWA KELAS X OTKPDI SMK NEGERI 1KABAN JAHE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193344001_Cover.pdf] Text
7193344001_Cover.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 7193344001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193344001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193344001_Abstrak.pdf] Text
7193344001_Abstrak.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 7193344001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193344001_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193344001_Daftar_Isi.pdf] Text
7193344001_Daftar_Isi.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of 7193344001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193344001_Daftar_Tabel.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7193344001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193344001_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7193344001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193344001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7193344001_BAB_I.pdf] Text
7193344001_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193344001_BAB_II.pdf] Text
7193344001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7193344001_BAB_III.pdf] Text
7193344001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7193344001_BAB_IV.pdf] Text
7193344001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7193344001_BAB_V.pdf] Text
7193344001_BAB_V.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of 7193344001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193344001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193344001_Lampiran.pdf] Text
7193344001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Direct Interaction dengan Media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknlogi Perkantoran Terhadap siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Kaban Jahe T.A
2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen di salah satu SMK Negeri 1 Kaban Jahe. Teknik pengambilan
sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X OTKP2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang merupakan kelas eksperimen yang
menerapkan Model Direct Interaction dengan Media Kahoot dan kelas X OTKP3 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang merupakan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrument soal test untuk melihat keterlaksanaan Model Direct Interaction Dengan Medai Kahoot pada materi Teknologi Perkantoran. Dari hasil pretest dan posttest diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas ekseprimen yaitu 29,63 dan 77,63, sedangkan pada kelas kontol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 24,86 dan 73,29. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil perhitungan menujukan bahwa tℎ￿￿￿￿￿ > t￿￿￿￿￿ dengan nilai
(6.955>2.144), artinya hipotesis diterima dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikant model Direct Interaction dengan Media Kahoot TerhadapHail Belajar Siswa Pada Mata Peljaran Teknologi Perkantoran Pada Siswa Kelas X OTKP di SMK Negei 1 Kabanjahe T.A 2023/2024. Pada kelas ekseperimen diperoleh nilai sig 0,036 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa Model Direct Interaction Dengan Media Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kaban Jahe T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Direct Interaction, Media Kahoot, Hasil Belajar, Teknologi Perkantoran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:11
Last Modified: 25 Jul 2025 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64393

Actions (login required)

View Item
View Item