PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN

Ndraha, Lutfi Hari Orlando (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111021_Cover.pdf] Text
2201111021_Cover.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 2201111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (851kB)
[thumbnail of 2201111021_Abstrak.pdf] Text
2201111021_Abstrak.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 2201111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 2201111021_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111021_Daftar_Isi.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 2201111021_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111021_Daftar_Tabel.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 2201111021_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111021_Daftar_Gambar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 2201111021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2201111021_BAB_I.pdf] Text
2201111021_BAB_I.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 2201111021_BAB_II.pdf] Text
2201111021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[thumbnail of 2201111021_BAB_III.pdf] Text
2201111021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[thumbnail of 2201111021_BAB_IV.pdf] Text
2201111021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[thumbnail of 2201111021_BAB_V.pdf] Text
2201111021_BAB_V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 2201111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 2201111021_Lampiran.pdf] Text
2201111021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 280 siswa. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 70 siswa yang terdiri dari dua kelas dengan masing-masing jumlah 35 siswa pada kelas kontrol dan 35 siswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group posttest design yang menggunakan
penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai. Hasil pada penelitian ini menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
tergolong dalam kategori cukup dengan hasil nilai rata-rata yaitu 64,57. 2) Kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) tergolong dalam kategori baik dengan hasil nilai rata-rata yaitu 78,14. Dengan demikian, dihasilkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung=3,75 dan selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan pada taraf signifikan α=0,05 dan n=35, diperoleh ttabel=1,68. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa thitung> ttabel dengan nilai 3,75>1,68, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tutor Sebaya; Menulis; Teks Negosiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:23
Last Modified: 25 Jul 2025 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64390

Actions (login required)

View Item
View Item