PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 7 MEDAN

Munthe, Santi Fitriani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203341017_Cover.pdf] Text
7203341017_Cover.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 7203341017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203341017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 7203341017_Abstrak.pdf] Text
7203341017_Abstrak.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 7203341017_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203341017_Kata_Pengantar.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 7203341017_Daftar_Isi.pdf] Text
7203341017_Daftar_Isi.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 7203341017_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203341017_Daftar_Tabel.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 7203341017_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203341017_Daftar_Gambar.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 7203341017_BAB_I.pdf] Text
7203341017_BAB_I.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of 7203341017_BAB_II.pdf] Text
7203341017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203341017_BAB_III.pdf] Text
7203341017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[thumbnail of 7203341017_BAB_IV.pdf] Text
7203341017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203341017_BAB_V.pdf] Text
7203341017_BAB_V.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 7203341017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203341017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 7203341017_Lampiran.pdf] Text
7203341017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa yang masih
menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan pengaruh pemahaman
siswa yang kurang mengerti akan pelajaran yang diajarkan oleh guru mata
pelajaran tersebut. Dalam hal ini, dapat dilihat dari perbandingan kelas yang
menggunakan media berbasis project dengan yang tidak menggunakannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi
di SMAN 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Medan yang
beralamat di jalan timor No. 36, gaharu, kec. Medan timur, kota medan. Jenis
penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
136 siswa. Serta dari 136 siswa, 34 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini
(random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Sebelum tes penelitian digunakan pada penelitian
sesungguhnya, terlebih dahulu tes diuji kepada 34 siswa. Pengujian validitas tes
menggunakan teknik analisis product moment dan uji reliabilitas tes
menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang diperoleh dianalis dengan
analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan SPSS. Dari hasil
pengujian hipotesis pertama secara parsial hasil uji hipotesis pada uji-t didapatkan
nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05. �� ditolak karena Sig.
(2-tailed) < signifikansi 0,05 yaitu (0,001< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: project based learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:45
Last Modified: 25 Jul 2025 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64389

Actions (login required)

View Item
View Item