Munthe, Santi Fitriani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203341017_Cover.pdf
Download (268kB)
7203341017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (590kB)
7203341017_Abstrak.pdf
Download (420kB)
7203341017_Kata_Pengantar.pdf
Download (444kB)
7203341017_Daftar_Isi.pdf
Download (304kB)
7203341017_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
7203341017_Daftar_Gambar.pdf
Download (246kB)
7203341017_BAB_I.pdf
Download (728kB)
7203341017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203341017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (840kB)
7203341017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203341017_BAB_V.pdf
Download (533kB)
7203341017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (449kB)
7203341017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa yang masih
menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan pengaruh pemahaman
siswa yang kurang mengerti akan pelajaran yang diajarkan oleh guru mata
pelajaran tersebut. Dalam hal ini, dapat dilihat dari perbandingan kelas yang
menggunakan media berbasis project dengan yang tidak menggunakannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi
di SMAN 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Medan yang
beralamat di jalan timor No. 36, gaharu, kec. Medan timur, kota medan. Jenis
penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
136 siswa. Serta dari 136 siswa, 34 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini
(random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Sebelum tes penelitian digunakan pada penelitian
sesungguhnya, terlebih dahulu tes diuji kepada 34 siswa. Pengujian validitas tes
menggunakan teknik analisis product moment dan uji reliabilitas tes
menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang diperoleh dianalis dengan
analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan SPSS. Dari hasil
pengujian hipotesis pertama secara parsial hasil uji hipotesis pada uji-t didapatkan
nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05. �� ditolak karena Sig.
(2-tailed) < signifikansi 0,05 yaitu (0,001< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | project based learning, hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:45 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64389 |
