Matondang, Rasvina Mastari (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202441006_Cover.pdf
Download (46kB)
7202441006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (215kB)
7202441006_Abstrak.pdf
Download (83kB)
7202441006_Kata_Pengantar.pdf
Download (175kB)
7202441006_Daftar_Isi.pdf
Download (169kB)
7202441006_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
7202441006_Daftar_Gambar.pdf
Download (141kB)
7202441006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
7202441006_BAB_I.pdf
Download (807kB)
7202441006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441006_BAB_V.pdf
Download (385kB)
7202441006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (427kB)
7202441006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Instrumen evaluasi ialah suatu alat untuk pengukur yang sistematis mulai dari pengukuran persiapan, pelaksanaan untuk membuat keputusan sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil analisis instrumen yang digunakan pendidik belum bervariasi serta guru masih menggunakan buku cetak sebagai alat evaluasi, maka dari itu penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen evaluasi berbasis Wizer.me. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan instrumen evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari analisis, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, dan evaluasi. Hasil pengembangan instrumen evaluasi berbasis Wizer.me pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA negeri batang kuis diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 85%, ahli materi sebesar 90%, dan praktisi ekonomi sebesar 83%. Sedangkan uji praktis diperoleh hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. Serta uji efektifitas sebesar 79% efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Instrumen, Wizer.me, Mata Pelajaran Ekonomi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:14 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64381 |
