Bella, Titin Rosa (2012) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS V SDN 101981 KECAMATANGALANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313374 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313374 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
108313374 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313374 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
108313374 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
108313374 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108313374 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108313374 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
108313374 BAB I.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
108313374 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
108313374 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Yang menjadimasalahdalampenelitianiniadalah: (1) kurangnyakosakata yang dimilikisiswa, (2) pembelajaransiswa yang monoton (kurangbervariasi),(3) KeterampilanberkomunikasiKeterampilanberkomunikasidenganmenggunakanBahasa Indonesia masihrendah. (4) Guru belumdapatmenyajikan model pembelajaransecaraaktif, kreatifdan integrative sesuaidengankondisianak.Adapuntujuanpenelitianiniadalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada materi pokok memahami wacana (menjelaskan isi naskah drama) dengan menggunakan metode role playing siswa kelas V SDN 10198 Galang T.A 2011/2012.Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.Dalam penelitian ini metode role playing sebagai sasaran utama. Penggunaan metode role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan penguasaan kosakata Siswa pada pokok bahasan memahami wacana (menjelaskan isi naskah drama) siswa kelas V SDN 101981 Kecamatan Galang T.A 2011/2012.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 45 orang dan objek formal dengan menggunakan metode role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 101981 Kecamatan Galang T.A 2011/2012. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah.Hasil penelitian pada tes awal mencapai 7 orang siswa yaitu 16 % yang tuntas dalam belajar dan 38 orang siswa yaitu 84 % yang tidak tuntas dari 45 orang siswa dengan rata-rata nilai 46,44 pada post test Isiklus I mencapai 24 orang siswa yang telah tuntas dengan nilai 53,33 %, dan 21 orang yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai 46,66 dengan rata-rata nilai kelas sebesar 66,88 dan pada post test siklus II mencapai 45 orang yang telah tuntas dengan nilai 100, dengan nilai rata-rata 91,55.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada pokok bahasan memahami wacana (menjelaskan isi naskah drama) siswa kelas V SDN 101981 Kecamatan Galang T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bel m |
Keywords: | Kosakata;Bahasa Indonesia;Metode Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6437 |