PENGARUHMODELPROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM (STEM-PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SUBMATERI EKOLOGI KELAS VII SMPS BUDI AGUNG MEDAN

Dasriyanti, Yustika (2024) PENGARUHMODELPROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM (STEM-PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SUBMATERI EKOLOGI KELAS VII SMPS BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151011_Cover.pdf] Text
4201151011_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4201151011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 4201151011_Abstrak.pdf] Text
4201151011_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4201151011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151011_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4201151011_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151011_Daftar_Isi.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4201151011_BAB_I.pdf] Text
4201151011_BAB_I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4201151011_BAB_II.pdf] Text
4201151011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[thumbnail of 4201151011_BAB_III.pdf] Text
4201151011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of 4201151011_BAB_IV.pdf] Text
4201151011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of 4201151011_BAB_V.pdf] Text
4201151011_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4201151011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4201151011_Lampiran.pdf] Text
4201151011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM-PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Swasta Budi Agung Medan. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII-2 (kelas kontrol) berjumlah 25 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah tes esai sebanyak 3 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan uji mann-whitney, spearman’s rank, dan uji normalisasi-gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran proyek berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif pada kelas yang menggunakan STEM-PjBL yaitu 86.33±10.587 lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional 60.12±13.017 dengan nilai Sig. < 0,05. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara model project based learning berbasis STEM dengan kemampuan berpikir kreatif sebesar 0.808 pada kelas eksperimen, artinya terdapat korelasi yang sangat kuat antara model project based learning berbasis STEM dengan kemampuan berpikir kreatif pada submateri ekologi kelas VII. Persentase peningkatan N-gain pada kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen sebesar 70% (cukup efektif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Das p
Keywords: Project based learning; Berpikir kreatif; Ekologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:54
Last Modified: 25 Jul 2025 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64367

Actions (login required)

View Item
View Item