PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL QUIZZ PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMPN 6 KISARAN

Rahma, Yulia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL QUIZZ PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMPN 6 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151031_Cover.pdf] Text
4203151031_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4203151031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4203151031_Abstrak.pdf] Text
4203151031_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4203151031_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151031_Kata_Pengantar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4203151031_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151031_Daftar_Isi.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203151031_BAB_I.pdf] Text
4203151031_BAB_I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4203151031_BAB_II.pdf] Text
4203151031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of 4203151031_BAB_III.pdf] Text
4203151031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of 4203151031_BAB_IV.pdf] Text
4203151031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of 4203151031_BAB_V.pdf] Text
4203151031_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4203151031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203151031_Lampiran.pdf] Text
4203151031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall quizz pada materi bumi dan tata surya terhadap hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas VII SMPN 6 Kisaran. Penelitian menggunakan quasi experimental dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yait kelas eksperimen dengan model pembelajaran TGT dan kelas kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dengan jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 32 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Hasil observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,2 yang termasuk dalam katagori sangat aktif dan kelas kontrol sebesar 65,2 yang termasuk dalam katagori aktif. Hasil belajar pretest peserta didik dikelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata sebesar 36,6 siswa dan dikelas kontrol 33,6. Hasil belajar posttest peserta didik dikelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata sebesar 78,4 dengan ketuntasan 24 siswa dan dikelas kontrol 57,3 dengan ketuntasan 4 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh determinasi korelasi keaktifan belajar dengan hasil belajar sebesar 0,49 dalam katagori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik yang signifikan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan Wordwall quizz dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 523.2 Rah p
Keywords: Team games tournament; Wordwall quizz; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Keaktifan siswa; Bumi; Tata surya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:55
Last Modified: 25 Jul 2025 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64363

Actions (login required)

View Item
View Item