PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN, MINAT BELAJAR SISWA DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Halida, Nur (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN, MINAT BELAJAR SISWA DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7191141017_Cover.pdf] Text
7191141017_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 7191141017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7191141017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7191141017_Abstrak.pdf] Text
7191141017_Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 7191141017_Kata_Pengantar.pdf] Text
7191141017_Kata_Pengantar.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 7191141017_Daftar_Isi.pdf] Text
7191141017_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 7191141017_Daftar_Tabel.pdf] Text
7191141017_Daftar_Tabel.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 7191141017_Daftar_Gambar.pdf] Text
7191141017_Daftar_Gambar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 7191141017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7191141017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7191141017_BAB_I.pdf] Text
7191141017_BAB_I.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 7191141017_BAB_II.pdf] Text
7191141017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[thumbnail of 7191141017_BAB_III.pdf] Text
7191141017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[thumbnail of 7191141017_BAB_IV.pdf] Text
7191141017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7191141017_BAB_V.pdf] Text
7191141017_BAB_V.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 7191141017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7191141017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 7191141017_Lampiran.pdf] Text
7191141017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Teknologi
Pendidikan, Minat Belajar Siswa dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian adalah teknik purposive sampling dengan jumlah
sampel 104 orang yang terdiri dari 3 kelas. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah dalam bentuk angket berupa skala likert.
Hasil analisis data menujukkan persamaan regresi linear berganda pada
penelitian ini yaitu Y = 6,704 + 0,585X1 + 0,701X2 + 0,338X3 + e, yang berarti
ada pengaruh Penggunaan Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa dan
Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pengujian secara parsial (Uji-t)
untuk hipotesis antara Penggunaan Teknologi Pendidikan dan Prestasi Belajar
Siswa adalah sebesar 0,001 dan thitung = 3,334. Dengan demikian, thitung > ttabel (3,334
> 1,984) dan nilai sig (0,001 < 0,05), untuk Minat Belajar Siswa adalah 0,001 dan
thitung = 6,402. Dengan demikian, thitung > ttabel (6,402 > 1,984) dan nilai sig (0,001 <
0,05), untuk Pengelolaan Kelas adalah 0,001 dan thitung = 2,733. Dengan demikian,
thitung > ttabel (2,733 > 1,984) dan nilai sig (0,,001 < 0,05). Secara simultan diperoleh
nilai Fhitung sebesar 51,204 dengan taraf signifikan 0,001 dengan nilai Fhitung > Ftabel
(51,204 > 2,69). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Penggunaan Teknologi
Pendidikan (X1), Minat Belajar Siswa ((X2) dan Pengelolaan Kelas (X3)
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Y) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Medan Tahun
Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penggunaan Teknologi Pendidikan, Minat Belajar, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:21
Last Modified: 24 Jul 2025 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64347

Actions (login required)

View Item
View Item