Halida, Nur (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN, MINAT BELAJAR SISWA DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7191141017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 7191141017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7191141017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Abstrak.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 7191141017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 7191141017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Daftar_Isi.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 7191141017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Daftar_Tabel.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 7191141017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 7191141017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 7191141017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_BAB_I.pdf
Download (616kB)
![[thumbnail of 7191141017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (909kB)
![[thumbnail of 7191141017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (806kB)
![[thumbnail of 7191141017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7191141017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_BAB_V.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 7191141017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 7191141017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7191141017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Teknologi
Pendidikan, Minat Belajar Siswa dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian adalah teknik purposive sampling dengan jumlah
sampel 104 orang yang terdiri dari 3 kelas. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah dalam bentuk angket berupa skala likert.
Hasil analisis data menujukkan persamaan regresi linear berganda pada
penelitian ini yaitu Y = 6,704 + 0,585X1 + 0,701X2 + 0,338X3 + e, yang berarti
ada pengaruh Penggunaan Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa dan
Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pengujian secara parsial (Uji-t)
untuk hipotesis antara Penggunaan Teknologi Pendidikan dan Prestasi Belajar
Siswa adalah sebesar 0,001 dan thitung = 3,334. Dengan demikian, thitung > ttabel (3,334
> 1,984) dan nilai sig (0,001 < 0,05), untuk Minat Belajar Siswa adalah 0,001 dan
thitung = 6,402. Dengan demikian, thitung > ttabel (6,402 > 1,984) dan nilai sig (0,001 <
0,05), untuk Pengelolaan Kelas adalah 0,001 dan thitung = 2,733. Dengan demikian,
thitung > ttabel (2,733 > 1,984) dan nilai sig (0,,001 < 0,05). Secara simultan diperoleh
nilai Fhitung sebesar 51,204 dengan taraf signifikan 0,001 dengan nilai Fhitung > Ftabel
(51,204 > 2,69). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Penggunaan Teknologi
Pendidikan (X1), Minat Belajar Siswa ((X2) dan Pengelolaan Kelas (X3)
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Y) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Medan Tahun
Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Teknologi Pendidikan, Minat Belajar, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64347 |