Damanik, Nia Natanesa (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI APLIKASI CANVA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA GKPIPADANG BULAN T.A2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141030_Cover.pdf
Download (57kB)
7203141030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (464kB)
7203141030_Abstrak.pdf
Download (128kB)
7203141030_Kata_Pengantar.pdf
Download (313kB)
7203141030_Daftar_Isi.pdf
Download (107kB)
7203141030_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
7203141030_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
7203141030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (162kB)
7203141030_BAB_I.pdf
Download (502kB)
7203141030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (794kB)
7203141030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141030_BAB_V.pdf
Download (60kB)
7203141030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (218kB)
7203141030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan berbagai aktivitas belajar pada materi kerjasama ekonomi internasional, serta apakah terdapat interaksi antara media pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa, maka penelitian ini membandingkan nilai rata-rata hasil belajar dari kedua jenis aktivitas belajar tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan T.A 2023/2024 dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 (kelas eksperimen) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Canva dan XI IPS 2 (kelas kontrol) yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan berganda sebagai instrument tes dan lembar observasi sebagai instrument non-tes. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil Belajar pada media pembelajaran adalah dari F = 12.518 dengan nilai signifikansi 0,001 < α 0,05 pada materi pelajaran Kerjasama Ekonomi Internasional maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai yang dicapai pada berbagai tugas belajar F = 0.122 , dengan nilai signifikansi dari 0.728 > α (0,005). Dalam hal ini Ha ditolak dan Ho diterima, artinya Tidak terdapat Interaksi antara Media Pembelajaran Interaktif Canva dan Pembelajaran Konvensional dengan Aktivitas Belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Canva, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kerjasama Ekonomi Internasional. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:41 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 08:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64334 |
