Natasya, Titania (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203151007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Cover.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4203151007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 4203151007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Abstrak.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 4203151007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Kata_Pengantar.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 4203151007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Daftar_Isi.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 4203151007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_BAB_I.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 4203151007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
![[thumbnail of 4203151007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
![[thumbnail of 4203151007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
![[thumbnail of 4203151007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_BAB_V.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 4203151007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 4203151007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII pada materi ekologi di SMP Negeri 27 Medan pada T.P. 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 64 siswa dari kelas VII-6 dan VII-5, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains, dengan variabel bebas adalah model pembelajaran (PBL dan pembelajaran langsung) dan variabel terikat adalah kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII-6. Awalnya, kemampuan literasi sains siswa kelas VII-6 berada pada level 2 dengan skor 37,50, yang termasuk dalam kategori kurang. Namun, setelah penerapan model PBL, kemampuan literasi sains meningkat menjadi level 4 dengan skor 69,58, yang masuk dalam kategori cukup. Pada level 2, siswa hanya mampu menggunakan pengetahuan dasar untuk menjelaskan konsep sederhana, menafsirkan data dasar, dan mengidentifikasi pertanyaan ilmiah sederhana. Setelah penerapan PBL, pada level 4, siswa mampu menggunakan pengetahuan lebih kompleks untuk menjelaskan peristiwa dan proses yang lebih rumit, melakukan eksperimen dengan beberapa variabel, membenarkan desain eksperimen mereka, serta menginterpretasikan dan menarik kesimpulan dari data yang lebih rumit dengan alasan yang kuat. Dengan demikian, peningkatan dari level 2 ke level 4 menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekologi. Temuan ini memberikan implikasi penting untuk pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih berorientasi pada masalah dalam meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 Nat p |
Keywords: | Problem based learning; Literasi sains; Ekologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:56 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64326 |