PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII

Sinaga, Tiona Febrianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351021_Cover.pdf] Text
4203351021_Cover.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4203351021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4203351021_Abstrak.pdf] Text
4203351021_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4203351021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351021_Kata_Pengantar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203351021_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351021_Daftar_Isi.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4203351021_BAB_I.pdf] Text
4203351021_BAB_I.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4203351021_BAB_II.pdf] Text
4203351021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of 4203351021_BAB_III.pdf] Text
4203351021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of 4203351021_BAB_IV.pdf] Text
4203351021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of 4203351021_BAB_V.pdf] Text
4203351021_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4203351021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4203351021_Lampiran.pdf] Text
4203351021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling, dengan menggunakan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 50,3 dan rata-rata postsest kelas kontrol 48,1. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data posttest kedua kelompok diperoleh nilai dan = 1,697. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu atau 1,697 .Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Sin p
Keywords: Problem based learning; Literasi sains; Ekologi; Keanekaragaman hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:20
Last Modified: 24 Jul 2025 05:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64318

Actions (login required)

View Item
View Item