Sinaga, Tiona Febrianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203351021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Cover.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 4203351021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of 4203351021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Abstrak.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 4203351021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Kata_Pengantar.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 4203351021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Daftar_Isi.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of 4203351021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_BAB_I.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 4203351021_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
![[thumbnail of 4203351021_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB)
![[thumbnail of 4203351021_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
![[thumbnail of 4203351021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_BAB_V.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 4203351021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 4203351021_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling, dengan menggunakan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 50,3 dan rata-rata postsest kelas kontrol 48,1. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data posttest kedua kelompok diperoleh nilai dan = 1,697. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu atau 1,697 .Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 Sin p |
Keywords: | Problem based learning; Literasi sains; Ekologi; Keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:20 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64318 |