PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2023/2024

Harahap, Laili Hasmiyah (2024) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203141021_Cover.pdf] Text
7203141021_Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 7203141021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203141021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 7203141021_Abstrak.pdf] Text
7203141021_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 7203141021_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203141021_Kata_Pengantar.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 7203141021_Daftar_Isi.pdf] Text
7203141021_Daftar_Isi.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 7203141021_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203141021_Daftar_Tabel.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 7203141021_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203141021_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7203141021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203141021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 7203141021_BAB_I.pdf] Text
7203141021_BAB_I.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of 7203141021_BAB_II.pdf] Text
7203141021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141021_BAB_III.pdf] Text
7203141021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141021_BAB_IV.pdf] Text
7203141021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141021_BAB_V.pdf] Text
7203141021_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 7203141021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203141021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 7203141021_Lampiran.pdf] Text
7203141021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Jl. Pendidikan Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara T.A 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 107 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket yang diukur dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara self regulated learning (X1) terhadap hasil belajar diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 4,272 > 1,659 dan nilai sig. 0,001 < 0,05. Kemudian terdapat pengaruh secara parsial antara minat belajar (X2) terhadap hasil belajar diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,954 > 1,659 da nilai sig. 0,001 < 0,05. Serta, terdapat pengaruh secara simultan antara self regulated learning dan minat belajar terhadap hasil belajar diketahui dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 25,760 > 3,08 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Adapun nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,331 artinya self regulated learning dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 33,1 %, sisanya 66,9 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Self Regulated Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:04
Last Modified: 24 Jul 2025 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64316

Actions (login required)

View Item
View Item