PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Saragih, Kerin Theresa (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311014_Cover.pdf] Text
2203311014_Cover.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2203311014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311014_Abstrak.pdf] Text
2203311014_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 2203311014_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311014_Kata_Pengantar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2203311014_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311014_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 2203311014_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311014_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2203311014_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203311014_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2203311014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 2203311014_BAB_I.pdf] Text
2203311014_BAB_I.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 2203311014_BAB_II.pdf] Text
2203311014_BAB_II.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of 2203311014_BAB_III.pdf] Text
2203311014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[thumbnail of 2203311014_BAB_IV.pdf] Text
2203311014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[thumbnail of 2203311014_BAB_V.pdf] Text
2203311014_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2203311014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 2203311014_Lampiran.pdf] Text
2203311014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar menulis surat resmi tanpa menggunakan Metode Drill, (2) menganalisis kemampuan menulis surat resmi
siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar dalam menulis surat resmi dengan menggunakan Metode Drill, (3) menganalisis pengaruh Metode Pembelajaran Drill terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 212 orang. Sampel terdiri dari 64 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen sebanyak
32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesistematisan, kelogisan, diksi, tanda baca dan ejaan, dan bahasa. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen two group post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dalam menulis surat resmi
menggunakan metode konvensional masuk dalam katagori cukup dengan nilai rata-rata 66 dengan standar deviasi 11,13. Sedangkan, hasil penelitian dalam menulis surat resmi menggunakan metode Drill masuk dalam katagori baik
dengan nilai rata-rata 82 dengan standar deviasi 8,8. Berdasarkan analisis kedua data berdistribusi normal yaitu Kelas kontrol 0,109652<0,156 Kelas eksperimen 0,11659< 0,156 . Melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung 6.4025> ttabel 1.69726, sehingga Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima. Ha membuktikan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan Metode Drill terhadap kemampuan menulis surat resmi siswa kelas
VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran Drill; Menulis; Surat Resmi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:17
Last Modified: 24 Jul 2025 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64287

Actions (login required)

View Item
View Item