Tanjung, Julailanajmi Hasiholanda (2024) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI MELALUI INFOGRAFIS PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
2201111007_Cover.pdf
Download (329kB)
2201111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (431kB)
2201111007_Abstrak.pdf
Download (551kB)
2201111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (552kB)
2201111007_Daftar_Isi.pdf
Download (680kB)
2201111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (449kB)
2201111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (447kB)
2201111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (549kB)
2201111007_BAB_I.pdf
Download (903kB)
2201111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2201111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2201111007_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
2201111007_BAB_V.pdf
Download (716kB)
2201111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (579kB)
2201111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, bentuk, dan kelayakan materi pembelajaran teks deskripsi melalui infografis pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian ini. Adapun tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian ini adalah
a) analisis potensi dan masalah (analysis), b) desain produk (design), c) pengembangan produk (development), d) implementasi (implementation), dan e)revisi serta validasi desain sebagai evaluasi (evaluation). Penilaian produk
dilakukan oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini berlandaskan kebutuhan siswa dan guru, (2) pengembangan materi pembelajaran teks deskripsi melalui infografis pada siswa kelas VII SMP sesuai dengan KD 3.2 dan 4.2. (3) Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini berstatus “sangat layak digunakan” dengan rata-rata skor 86,25% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil
validasi ahli media dengan status “sangat layak digunakan” dengan rata-rata skor 89,52% dengan kriteria “sangat baik”. Maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan
status layak digunakan dengan krieria sangat baik dan dapat digunakan sebagai materi pembelajaran yang pendukung pembelajaran dalam teks deskripsi siswa kelas VIII melalui infografis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; R&D; Infografis; Teks Deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:29 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 02:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64276 |
