Zahra, Jihan Aqilah (2024) PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMKN 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111049_Cover.pdf
Download (64kB)
2203111049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (944kB)
2203111049_Abstrak.pdf
Download (246kB)
2203111049_Kata_Pengantar.pdf
Download (402kB)
2203111049_Daftar_Isi.pdf
Download (275kB)
2203111049_Daftar_Tabel.pdf
Download (243kB)
2203111049_Daftar_Gambar.pdf
Download (242kB)
2203111049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (242kB)
2203111049_BAB_I.pdf
Download (576kB)
2203111049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111049_BAB_V.pdf
Download (400kB)
2203111049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (517kB)
2203111049_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMKN 4 Medan dalam bermain drama sebelum menggunakan teknik Role Playing. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMKN 4
Medan dalam bermain drama sesudah menggunakan teknik Role Playing. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik Role Playing terhadap keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI SMKN 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 195 peserta didik. Sampel penelitian terdapat 1 kelas yaitu kelas XI TKR 3 sebanyak 28 peserta didik. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode eksperimen dengan desain one group Pre-Test dan Post-Test design. Teknik analisis data menggunakan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan
bermain drama sebelum menerapkan perlakuan yaitu 30,8 tergolong kedalam kategori kurang sedangkan nilai rata-rata keterampilan bermain drama dengan menerapkan perlakuan yaitu 81,65 tergolong kedalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik role playing berpengaruh terhadap keterampilan bermain drama peserta didik kelas XI TKR 3 SMKN 4 Medan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari uji hipotesi thitung > ttabel, yaitu -1,703 > -55,373, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknik role playing terhadap keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI TKR 3 SMKN
4 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | teknik pembelajaran; teknik role playing; keterampilan berbicara; bermain drama |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:11 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 02:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64272 |
